Bermain di Sentra Balok

30 Sep

Sentra balok merupakan salah satu sentra yang disediakan bagi pendidikan anak usia dini. melalui sentra balok anak -anak dapat belajar banyak hal. Mengenal bentuk, ukuran, konsep ruang, klasifikasi, team work, mengembangkan imajinasi, menghargai pendapat orang lain, bermain micro drama

Dalam bermain balok terdapat beberapa tahapan

Tahap 1 Tanpa Bangunan

Anak meneliti ciri-ciri fisik dari balok dengan membuat suara-suara, memindahkan, menggerakkan, melakukan percobaan, dan memanipulasi balok dengan badannya sendiri, main mengisi dan mengosongkan.

Tahap 2 Susunan Garis Lurus ke Atas
Anak menumpuk atau menyusun balok-balok.

Tahap 3 Susunan Garis Lurus ke Samping
Anak menempatkan balok-balok bersisian atau dari ujung ke ujung dalam satu garis.

Tahap 4 Susunan Daerah Lurus ke Atas
Anak membangun dengan cara menggabungkan tumpukan-tumpukan balok dan/atau menumpuk garis demi garis (sisi demi sisi menumpuk).

Tahap 5 Susunan Daerah Mendatar
Anak mengkombinasikan barisan-barisan dari balok dalam daerah mendatar

Tahap 6 Ruang Tertutup ke Atas
Anak menempatkan dua balok sejajar yang berjarak dan menghubungkan diantara dua balok dengan satu balok di atasnya, membentuk lengkungan atau jembatan.

Tahap 7 Ruang Tertutup Mendatar
Anak membuat bentuk seperti kotak terbuka dari empat atau lebih balok-balok.

Tahap 8 Menggunakan Balok Untuk Membangun Bangunan Tiga Dimensi yang Padat
Anak membuat daerah mendatar dari balok dan menumpuk satu atau lebih lapisan dari balok; menyusun bangunan tiga dimensi yang penuh tidak berongga.

Tahap 9 Ruang Tertutup Tiga Dimensi
Anak membuat atap pada bangunan seperti kotak yang terbuka; menjadi ruang tertutup tiga dimensi.

Tahap 10 Menggabungkan/Mengkombinasikan Beberapa Bentuk Bangunan
Anak menggunakan bermacam-macam kombinasi dari bangunan-bangunan garis lurus, dua dimensi (daerah), dan tiga dimensi (ruang). BELUM DIBERI NAMA!
Permainan Representasi

Tahap 11 Mulai Memberi Nama
Anak membangun satu bangunan dan memberi nama pada balok satu-satu sebagai “benda” walaupun bangunan atau bentuk balok itu tidak seperti “benda” itu, tetapi tetap mewakili pikiran anak.

Tahap 12 Satu Bangunan, Satu Nama
Anak memberi nama pada seluruh bangunan balok sebagai satu “benda;” satu bangunan merepresentasikan satu benda. Beberapa tahapan sebelumnya harus ada, jangan disilaukan oleh nama atau cerita.

Tahap 13 “Bentuk-bentuk” Balok diberi Nama
Anak memberi nama “bentuk-bentuk ” balok dala satu bangunan mewakili “benda-benda”. Lebih dari satu balok digunakan untuk membentuk obyek (contoh: kursi).

Tahap 14 Memberi Nama Obyek-obyek yang Terpisah
Anak membangun bangunan termasuk obyek-obyek yang terpisah; memberi nama pada masing-masing obyek tersebut.

Tahap 15 Merepresentasikan Ruang Dalam
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam; ruang dalam belum sempurna.

Tahap 16 Obyek-obyek di dalam Ditempatkan di Luar
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar; obyek di dalam ditempatkan di luar.

Tahap 17 Representasi Ruang Dalam & Ruang Luar secara Tepat
Anak membangun bangunan tertutup yang merepresentasikan ruang dalam dan ruang luar. Obyek-obyek di dalam dan di luar dipisahkan secara tepat.

Tahap 18 Bangunan Dibangun Sesuai Skala
Anak membangun bangunan dengan “bentuk-bentuk” balok terpisah; beberapa pengertian tentang skala mulai terlihat dalam bangunan.

Tahap 19 Bangunan Yang Terdiri Dari Banyak Bagian
Anak membangun secara rumit; teridir dari ruang dalam, petunjuk, jalan, dan pengertian skala.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: